Responsive image

Hari Kemerdekaan RI "KOIN Menuju Persaingan Global"

“SDM Unggul, Indonesia Maju” itulah slogan yang dicanangkan pemerintah dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-74 tahun ini. Komitmen pemerintah Indonesia bahwa selama lima tahun kedepan akan terus membangun sumber daya manusia yang unggul untuk tercapainya cita-cita sebagai negara maju kelima di dunia pada tahun 2030.

KOIN (Toko Indonesia) yang merupakan aplikasi mobile yang bertujuan membangun mikro ekonomi Indonesia dengan mengajak masyarakat turut serta berpartisipasi dalam kemitraan dan meningkatkan tingkat kesejahteraan dan nilai hidup masyarakat Indonesia, merupakan produk karya anak-anak Indonesia. KOIN lahir dari ide dan gagasan 6 orang kreatif yang sejak Juli 2018 tergabung dalam PT Ritel Global Solusi. Mereka adalah Devi Erna Rachmawati, Tias Brian, Irfan Maulana, Nurrizqonah, Fajar Hidayat Jati dan Febri Arinton.

 

Para pendiri KOIN berharap dapat ikut serta memajukan Indonesia dengan cara memberikan inovasi dan edukasi melalui digitalisasi warung-warung dan toko-toko kelontong konvensional maupun bagi para masyarakat Indonesia yang baru ingin terjun membuka usaha di bidang retail.

 

Enam orang pendiri KOIN ini merupakan sebagian dari pengusaha startup Indonesia yang turut menyumbangkan wawasan dan gagasannya dalam pembangunan Indonesia. Keprihatinan mereka terhadap eksistensi warung-warung dan toko-toko kelontong konvensional yang sudah jarang menjadi prioritas utama pilihan masyarakat dan makin terkikis oleh ritel modern membuat mereka bersama-sama mencari solusi untuk mengatasi ini.

Dengan berbagai bidang keilmuan yang dimiliki masing-masing pribadi pendiri dan tentu saja sudah lama berkecimpung dalam dunia ritel maka lahirlah KOIN, singkatan dari Toko Indonesia. Semoga KOIN dapat menambah pilihan dari produk anak bangsa yang dapat dan mampu bersaing secara global.

Seperti dijelaskan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan menyambut HUT ke-74 RI, “Indonesia tidak gentar menghadapi persaingan global, Sumber daya manusia (SDM) yang unggul memiliki kreativitas, inovasi dan kecepatan untuk bersaing secara global sehingga mampu melompati bangsa-bangsa lain di dunia. Kita butuh SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila. Kita butuh SDM unggul yang toleran yang berakhlak mulia. Kita butuh SDM unggul yang belajar bekerja keras, berdedikasi”.

Sejalan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI, tanggal 18 Agustus 2019 pemerintah melalui Kementerian Kominfo menggelar acara Ignite The Nation, yaitu Gerakan 1000 Startup Digital. Acara ini diselenggarakan sebagai dukungan pemerintah terhadap milenial digital Indonesia. Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden bapak Jusuf Kalla, Kemenkominfo bapak Rudiantara, Menteri Kelautan & Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan ibu Sri Mulyani, Pengusaha Media bapak Erik Tohir bersama dengan para founder startup. Bertemakan "Sumber Daya Digital Millenial Unggul,1000 Inovasi Digital - Indonesia Maju" , Ignite The Nation yang pertama kali diadakan ini merupakan rangkaian kegiatan pertama dari rangkaian acara lainnya di 10 kota lain di Indonesia. CEO KOIN turut hadir menjadi bagian dari semangat millenial digital Indonesia. 

01 Sep 2019

Kembali